PERAN PENDIDIKAN HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI MUDA

Authors

  • Aziz Basuki Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • A. Kumedi Ja'far Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.276

Keywords:

Pendidikan Hukum Islam, Moderasi Beragama, Generasi Muda

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan keberagaman agama dan budaya, menghadapi tantangan besar dalam memperkenalkan dan menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama di kalangan generasi muda. Radikalisasi dan intoleransi menjadi masalah sosial yang semakin mengkhawatirkan, terutama dengan pengaruh kuat media sosial yang dapat mempercepat penyebaran ideologi ekstrem. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi-strategi yang efektif dalam menginternasionalkan nilai-nilai moderasi beragama di kalangan generasi milenial, serta mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis literatur terkait moderasi beragama dan pengaruh media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada berbagai program pemerintah untuk menyebarkan moderasi beragama, tantangan besar tetap ada, seperti resistensi generasi milenial terhadap program moderasi beragama, kecenderungan radikalisasi, dan pengaruh media sosial yang memperkuat ekstremisme. Disarankan agar pendekatan pendidikan berbasis Al-Qur'an dan teknologi digital lebih dioptimalkan, serta mengembangkan program moderasi beragama yang relevan dengan kondisi sosial dan budaya milenial.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Basuki, A., & Ja’far, A. K. (2025). PERAN PENDIDIKAN HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI MUDA. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 26–42. https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.276