PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN

Authors

  • Ulfa Zuhria Fitri Universitas Maarif Lampung
  • Ikhwan Aziz Q Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Nurul Aisyah Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.272

Keywords:

Guru PAI , Kompetensi Membaca al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran guru Pendidikan Agama Islam sangatlah penting dalam peranannya apalagi ketika berkaitan dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran guru PAI dalam pencapaian kompetensi membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis jenis penelitian lapangan di SMPN 09 Pulung Kencana. Adapun metode  pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode Triangualasi yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran terbagi dalam berbagai keja-kerja operasional yaitu; guru sebagai motivator yang dimana guru mendorong siswa untuk meningkatkan semangat dan kegairahan belajar ; guru sebagai evaluator peran ini menilai siswa untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran dan peran lainnya menjadikan guru lebih bervariatif dalam mengajar serta membuat peserta didik lebih termotivasi dalam membaca Al-Quran. Penelitian ini berkontribusi dalam membangun deskripsi tentang peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa dengan mengoptimalkan peran guru sebagai motivator dan evaluator dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Zuhria Fitri, U., Aziz Q, I. ., & Aisyah, N. . (2025). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN . Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.272