Sosialisasi Edukatif dalam Menumbuhkan Kepekaan Sosial dan Sikap Toleran Anak

Authors

  • Zainal Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso, Indonesia
  • Desi Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/salwatuna.v5i1.358

Keywords:

Kepekaan sosial, sikap toleran anak

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial anak dalam menumbuhkan sikap toleran melalui sosialisasi dan edukasi berbasis nilai-nilai lokal di Kabupaten Bondowoso. Fenomena menurunnya empati, rendahnya kemampuan anak dalam berinteraksi sosial, serta meningkatnya sikap individualistik menjadi dasar perlunya kegiatan ini. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Approach melalui empat tahap utama, yaitu: analisis kebutuhan, sosialisasi dan edukasi, implementasi pendampingan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan dilaksanakan di SD dan TPQ mitra dengan melibatkan guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tiga aspek utama: (1) aspek kognitif, berupa pemahaman anak terhadap pentingnya kepekaan sosial dan nilai toleransi; (2) aspek afektif, melalui tumbuhnya rasa empati, saling menghargai, dan kepedulian terhadap teman; serta (3) aspek psikomotorik, yang tercermin dari perilaku sosial positif seperti bekerja sama, berbagi, dan menghormati perbedaan. Selain itu, kegiatan ini memperkuat kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk lingkungan pendidikan yang inklusif dan humanis. Kegiatan ini berimplikasi pada pentingnya penerapan pendidikan sosial-emosional berbasis nilai lokal sebagai strategi penguatan karakter anak di Bondowoso

Downloads

Published

2025-04-24