MODEL IMPELEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Upaya Membangun Kurikulum Berbasis Moderasi Agama)

Penulis

  • Suparjo Adi Suwarno PRODI MPI STIT TOGO AMBARSARI BONDOWOSO
  • Iffah Nur Aeni SMK Islam Al Azhar Jember

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v2i1.57

Kata Kunci:

Pendidikan Multikultural, Kurikulum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelentasi pembelajaran multikultural dan moderasai beragama. Dalam penelitian ini terungkap bahwa Pembelajaran berbasis multikultural berusaha memberdayakan peserta didik untuk mengembangkan rasa hormat kepada orang berbeda, membantu peserta didik memilki kebanggaan akan warisan budaya serta menyadarkan peserta didik bahwa konflik nilai sering menjadi penyebab konflik antar masyarakat. Pendidikan multikultural diselenggarakan dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memandang kehidupan dari berbagai perspektif budaya yang berbeda mengintegrasian ke setiap mata pelajaran mempunyai tujuan untuk memperkenalkan nilai – nilai pendidikan multikultural di setiap mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik sehingga menyadari pentingnya nilai – nilai tersebut dan penginternalisasian nilai – nilai tersebut ke dalam tingkah laku peserta didik sehari –hari melalui proses belajar secara langsung maupun tidak langsung di dalam maupun di luar kelas. Secara substantif, setidaknya ada beberapa mata pelajaran yang bisa langsung diintegrasikan  misalnya mata pelajaran fiqih dan akhlaq

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-09