KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI PESANTREN 

Penulis

  • Sutikno, Sutikno Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Asep Bambang Susanto IAI Darul Fattah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i1.315

Kata Kunci:

Kepemimpinan Visioner, Mutu Madrasah , Pesantren

Abstrak

Madrasah dan pesantren di Indonesia menghadapi tekanan ganda: tuntutan peningkatan mutu akademik sekaligus peneguhan nilai‑nilai Islam moderat pada era disrupsi digital. Penelitian ini bertujuan menelaah secara mendalam strategi kepemimpinan visioner kepala madrasah Pesantren Malahayati dalam menggerakkan transformasi mutu pendidikan. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus diterapkan; data diperoleh melalui wawancara semi‑terstruktur terhadap 1 kepala madrasah, 12 guru, 4 staf, dan 3 anggota dewan pesantren, observasi partisipatif selama tiga bulan, serta analisis dokumen (rencana strategis, laporan kinerja 2022‑2024). Analisis dilakukan menggunakan model interaktif Miles‑Huberman‑Saldaña (reduksi, display, verifikasi) disertai triangulasi sumber dan member checking untuk memastikan kredibilitas temuan. Hasil menunjukkan bahwa (1) perumusan visi dilakukan secara kolaboratif dalam lokakarya shūrā, menumbuhkan rasa kepemilikan kelembagaan; (2) internalisasi visi diwujudkan melalui keteladanan spiritual kepala madrasah, komunikasi dua‑arah bernuansa religius, dan ritual kolektif yang konsisten; (3) transformasi manajerial mencakup digitalisasi administrasi, pelimpahan wewenang berbasis kompetensi, serta pemantauan kinerja menggunakan indikator yang selaras dengan prinsip ruḥiyyah‑‘ilmiyyah‑idāriyyah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-15