Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum MTs Ru’yatul Husnan Wringin Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.217Kata Kunci:
Kepala sekolah, Pengembangan KurukulumAbstrak
Tugas dan peran kepala sekolah MTs Ru’yatul Husnan dalam pengembangan kurikulum, dengan mengaktifkan semua elemen organisasi sekolah dalam memajukan kualitas sekolah adalah mengintensitaskan penyusunan kurukulum, menertibkan administrasi kurikulum, meningkatkan rencana pembelajaran, evaluasi pembelajaran, supervise kualitas peserta didik, dan menjadikan guru yang professional dalam proses belajar mengajar dikelas, dll. Dalam melaksanakan tanggung jawab dari kepemimpinan kepala sekolah tersebut, tentunya dibutuhkan suatu usaha agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Berkaitan dengan usaha tersebut, maka kepala sekolah dituntut untuk memiliki leadership skill, manajerial skill, dan learning skill. Dengan harapan peran kepala MTs Ru’yatul Husnan akan selalu memotivasi, mengarahkan, dan mengawasi para bawahannya agar dapat mengerjakan tugas dan perintah yang di berikan dengan baik demi tercapainya tujuan yang telah direncanakan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistic dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan Bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah”. Penelitian dilakukan dalam latar (setting) yang alamiah (naturalistik) atau manipulasi variable yang dilibatkan.dengan cara Observasi, Interview dan dokumentar. penyajiannya menggunakan metode miles hubberman yang diterapkan dalam penelitian ini terdapat triangulasi sumber, triangulasi teknik dan waktu. Sehingga menjadi penelitian yang Transferability (keteralihan), Dependability (kebergantungan), Confirmability (Kepastian).
Hasil dari penelitian ini Peran kepala sekolah kelembagaan cenderung kepada apa yang menjadi dasar utama dari kementerian agama karna ada 2 pilihan: melaksanakan kurikulum merdeka dan menyesuaikan dengan apa yang menjadi perintah dari kementrian agama dengan menyusun kurikulum local sebagaimana yang disusun dan diatur oleh yayasan Nuruol qornain dengan prinsip dan ketentuan yang disepakati diinternal madrasah. Pengembangan Kurikulum Di MTs Ru’yatul Husnan Wringin Bondowoso. Ditegaskan pada samua Guru memiliki kemampuan menyusun silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran, mampu memilih, menyusun dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sesuai ketetapan Rapat Tahunan yang dilaksanakan secara rutin pada awal tahun ajaran baru. Dalam rapat tersebut dibahas tentang perencanaan kurikulum dengan mempersiapkan administrasi pembelajaran sesuai dengan visi misi dan tujuan pendidikan unuk mencapai hasil pembelajaran yang berprestasi dan berkualitas