MANAJEMEN KEUANGAN MADRASAH TSANAWIAH AL-YASINI PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.183Kata Kunci:
Manajemen, keuangan, MadrasahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang manajemen keuangan madrasah di MTs Al-Yasini Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; sumber-sumber keuangan MTs Al-Yasini Pasuruan ada tiga yang pertama dari pemerintah kedua dari komite dan ketiga dari orang tua. Perencanaan keuangan di MTs Al yasini yaitu mengadakan rapat membahas RKAM( rencana kerja anggaran madrasah) dengan terlebih dahulu mengetahui jumlah dana dan juga kebutuhan apas aja atau bisa disebut pelaporan keuangan dengan sistem online, kepala sekolah sebagai penanggung jawab, lalu bendahara sekolah, pengelolah, komite bersama perwakilan Yayasan (stek holder madrasah). Setiap enam bulan sekali di MTs Al-Yasini Pasuruan diadakan audit online. Audit juga dilakukan untuk menentukan dan membuat laporan mengenai tingkat kesesuaian antara informasi dan kriteria yang ditetapkan. Audit harus dilakukan oleh seseorang yang kompeten dan independent. Jika laporannya salah maka tidak bisa diterima atau ditolak dan itu menyebabkan dana selanjutnya tidak bisa turun atau cair, selanjutnya ada audit dari kemenag yang dilakukan setiap 1 tahun sekali, dan ada juga audit dari Yayasan.