Implementasi Pendidikan Karakter Thomas Licona dalam Meningkatkan Kompetensi Spiritual Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.55Keywords:
Pendidikan Karakter, Kompetensi SpritualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk:(1). menganalisa implementasi pendidikan karakter islami untuk meningkatkan kompetensi akhlaqul karimah siswa di MTsN 3 Bondowoso. (2). menganalisa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter islami untuk meningkatkan kompetensi akhlaqul karimah siswa di MTsN 3 Bondowoso. Metode Penelitian Kualitatif.Jenis Penelitian Studi Kasus. Lokasi Penelitian: MTsN 3 Bondowoso. (3). Sumber Data: a. Data Primer: Guru, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Peserta Didik. B. Data Sekunder: Dokumentasi Madrasah. (4). Teknik Pengumpulan Data: observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. (5). Teknik Analisa Data: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penggalian data yang telah peneliti peroleh dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Implementasi Pendidikan Karakter Islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 3 Bondowoso yaitu melalui kegiatan sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah,hafalan Al Quran, PHBI dan lomba islami, tadarus Al Quran 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai, menghafalkan Al Quran selama 5 menit setiap pergantian jam pelajaran, memberikan nasehat agama kepada siswa setelah proses belajar mengajar, melatih siswa menjaga kebersihan. 2) Kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 3 Bondowoso adalah kemalasan siswa untuk melaksanakan kegiatan tadarus Al Quran, kurangnya motivasi dari dalam diri siswa, kurangnya pengendalian diri siswa. Sedangkan di luar kelas kendala yang dialami yaitu bentroknya jadwal kegiatan dengan kegiatan rutin, masih terdapat siswa yang kurang lancar dalam membaca Al Quran, dan bangunan di MTsN 3 Bondowoso belum bisa menampung keseluruhan siswa.