http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/ambarsa/issue/feed Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam 2025-02-11T00:00:00+00:00 Suparjo Adi Suwarno suparjoadisuwarno@stita.ac.id Open Journal Systems <p>Ambarsa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan <em>out-put</em> penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner atau multidisipliner. Tujuan adanya jurnal ini adalah melaksanakan diseminasi keilmuan dalam wujud distribusi hasil penelitian sekaligus bentuk konkret dari institusi ini dalam memberi kontirbusi keilmuan sekaligus pengamalannya terhadap masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam dalam semua aspeknya mulai dari pendekatan, model, metode, strategi, tehnik serta lainnya, baik secara monodisiplin, interdisiplin atau pun multidisiplin keilmuan. Jurnal ini terbit secara berkala dalam periode 6 bulanan, yakni Pebruari dan Agustus. Hal ini tak lain adalah wujud kesungguhan sivitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara komprehensif. e-ISSN 2797-2399</p> http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/ambarsa/article/view/253 KONSTRUKSI KARAKTER KEJUJURAN SANTRI DENGAN PENERAPAN INQUIRY TRAINING DALAM PEMBELAJARAN PESANTREN 2025-01-04T08:03:21+00:00 Khamdan Masykur Khamdanmasykur25@gmail.com Nelud Daraajatul Aliyah Khamdan_masykur25@gmail.com <p>Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis konstruksi karakter kejujuran santri dengan pembelajaran <em>inquiry training </em>di pondok pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Di tengah krisis moralitas pada remaja di tengah masyarakat, karakter kejujuran adalah domain fundamental dalam bangunan moralitas masyarakat secara umum, bahkan ia menjadi aspek solutif dari krisis tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang tertulis atau secara lisan dari orang dan perilaku yang diamati, selanjutnya peneliti menggambarkan, menguraikan dan menginterpresentasikan arti data-data yang terkumpul secara menyeluruh untuk bisa mendapatkan kesimpulan yang absah. Konstruksi karakter kejujuran santri dengan pembelajaran <em>Inquiry Training</em> di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo dilakukan dengan beberapa teknik yaitu ; <em>pertama,</em> tidak suka mencontek; <em>kedua,</em> melaksanakan piket sesuai jadwal; <em>ketiga,</em> membayar barang sesuai harga. Secara berurutan, teknik ini memunculkan strategi yang diterapkan dengan membangun karakter kejujuran tersebut, yaitu, <em>p</em><em>ertama </em>metode keteladanan; <em>kedua, </em>metode pembiasaan; dan <em>ketiga, </em>metode hukuman.</p> 2025-01-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/ambarsa/article/view/259 IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN PADA KAJIAN KITAB TAFSIR BAIDHOWI DALAM PERUBAHAN SIKAP SPIRITUAL SANTRI 2025-02-03T07:10:57+00:00 ayu wulan sari ayu ayulim75@gmail.com Eli Masnawati ayulim75@gmail.com <p>Kemajuan pesat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi telah menimbulkan kekhawatiran terhadap aspek spiritual manusia. Pendidikan yang seharusnya menjadi penawar, sering kali kurang memberikan perhatian pada sikap spiritual. Pondok pesantren muncul sebagai alternatif untuk menanamkan nilai spiritual yang kuat. Penelitian ini berfokus pada implementasi metode <em>bandongan</em> dalam kajian kitab Tafsir Baidhowi di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo, yang dimana dalam pengajian tersebut pengasuh menanamkan nilai-nilai spiritual santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana metode <em>bandongan </em>dalam perubahan sikap spiritual santri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode <em>bandongan</em> merupakan pendekatan pembelajaran bersama dalam mempelajari kitab klasik, di mana kiai membimbing langsung para santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode <em>bandongan </em>dalam pengajian kitab Tafsir Baidhowi secara signifikan menunjukkan perubahan sikap spiritual santri. Melalui bimbingan intensif dan pendekatan personal, santri tidak hanya memahami tafsir Al-Qur'an tetapi juga mengembangkan nilai-nilai spiritual dan akademis.</p> <p> </p> 2025-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam