Aktivitas Ekstrakurikuler Keagamaan Berbasis Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa

Authors

  • Ali Wafi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari
  • Subaidi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Jember

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.47

Keywords:

Ekstrakurikuler Keagamaan, Kepribadian Muslim Siswa

Abstract

Perkembangan peserta didik dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya pengarahan yang terprogram dengan harapan pihak pengelola pendidikan mampu mengarahkan kemampuan dan bakat yang dimilki oleh peserta didik. Untuk mengembangkan potensi kepribadian peserta didik tersebut perlu adanya sinergi antara pihak pengelola pendidikan dan kalangan yang memiliki kepentingan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam hal ini, SMK Negeri 3 Jember melakukan berbagai upaya guna memberikan pelayanan prima kepada siswa selaku objek pendidikan. Dalam mengembangkan potensi diri siswa SMK Negeri 3 Jember mengadakan ekstrakurikuler keagamaan sebagai bentuk penyaluran bakat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik atau metode, member check dan diskusi sejawat.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan aktivitas ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim dilakukan diawal tahun dengan melibatkan kepala sekolah, waka kesiswaan, Pembina ekstrakurikuler, dan guru. Pada saat rapat itulah para Pembina ekstrakurikuler diminta untuk meyerahkan program kerja termasuk Pembina ekstrakurikuler keagamaan. 2) Pelaksanaan aktivitas ekstrakurikuler keagaaman dalam membentuk kepribadian muslim di SMK Negeri 3 Jember dilaksanakan ranah; pertama, anggota pengurus ekstrakurikuler keagamaan membuat proposal sebagai pengajuan untuk melaksanakan kegiatan seperti peringatan hari besar Islam (PHBI), Kedua, mengadakan kegiatan rutin setiap minggunya seperti hadrah, rapat, sholat jumat, dan kajian keislaman, ketiga, mengadakan khotmil qur’an bagi seluruh dewan guru SMK Negeri 3 Jember pada hari Jumat dilanjutkan dengan kajian keislaman (kajian perempuan ketika siswa putra dan bapak guru melaksanakan sholat Jumat). 3) Evaluasi aktivitas ektrakurikuler keagaaman dalam meningkatkan kepribadian muslim dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu, pertama evaluasi intern yang dilakukan oleh pengurus OSIS dan pengurus ektrakurikuler keagamaan, kedua, evaluasi ektern yang lakukan oleh Kepala Sekolah terhadap Pembina Ektrakurikuler Keagaaman.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Wafi, A. ., & Subaidi, S. (2022). Aktivitas Ekstrakurikuler Keagamaan Berbasis Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.47