Rekonstruksi Kesadaran Berilmu dalam Pendidikan Pesantren Tinjauan Epistemologis

Authors

  • Akhmad Ghasi Pathollah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari
  • Siti Masyarafatul Manna Wassalwa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v1i1.4

Keywords:

Pendidikan Pesantren, Epistemologi

Abstract

Globalisasi informasi dan teknologi adalah sebuah narasi besar dimana semua aspek kehidupan masyarakat dunia berjalan seturut dengannya. Dalam konteks ini, kapitalisme yang menuntut persaingan baik secara ekonomi, sosial, politik dan budaya adalah paradigma kerja operasionalnya. Penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengambil data dari sumber pustaka yang relevan. sedangkan pendekatannya adalah pendekatan filosofis, lebih tepatnya epistemologi. adapun hasil dari penelitian ini adalah pengembangan keilmuan pendidikan pesantren secara epistemologi bergerak dari bayani dan 'irfani menuju burhani sesuai tuntutan zaman

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Pathollah, A. G., & Wassalwa, S. M. M. . (2022). Rekonstruksi Kesadaran Berilmu dalam Pendidikan Pesantren Tinjauan Epistemologis. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 17–29. https://doi.org/10.59106/abs.v1i1.4