Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMAN 01 Tenggarang Kabupaten Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v1i2.33Keywords:
Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Berbasis MultikulturalAbstract
Indonesia merupakan negara yang multikultural yang didalamnya terdapat berbagai macam suku, agama dan ras. Keberagaman tersebut tidak hanya menimbulkan warna tersendiri bagi negeri ini, melainkan kerap kali menjadi hal yang sering menimbulkan konflik antar golongan. Konflik-konflik yang sering muncul dengan berdalih perbedaan tersebut tentunya membutuhkan sebuah jalan keluar supaya tidak terus menjadi momok yang menakutkan bagi bangsa ini. Pendidikan merupakan sarana yang dianggap paling ampuh dalam mengatasi persoalan tersebut. Melalui pendidikan multikultural yang di integrasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, SMAN 01 Tenggarang yang memiliki karaktristik siswa heterogen berupaya untuk menanamkan sikap toleransi beragama di kalangan siswa. Karena diharapkan dengan diterapkannya Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMAN 01 Tenggarang dapat membuat perbedaan yang ada dikalangan siswa tersebut tidak memicu konflik, justru diharapkan perbedaan tersebut dapat menjadi sesuatu yang bermakna.