Urgensi Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Menanggulangi Dampak Negatif Media Elektronik Pada siswa MTs. Al-Mubarok Sumberpinang Pakusari Jember
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v1i2.32Keywords:
Urgensi Pendidikan Aqidah Akhlak, Media ElektronikAbstract
Penggunaan media elektronik perlu pengawasan dari orang tua dan guru. Seorang anak harus diarahkan untuk mendapatkan pendidikan keagamaan. Untuk menanggulangi dampat negatif dari penggunaan media elektronik, maka pendidikan aqidah akhlaq harus diajarkan dan diamalkan. Mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Sumberpinang Pakusari Jember merupakan bagian integral dari pendidikan agama Islam, secara substansial mata pelajaran Aqidah dan Akhlaq memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlakqul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dengan judul “Urgensi pendidikan aqidah akhlak dalam menanggulangi dampak negatif media elektronik pada siswa MTs. Al-Mubarok Sumberpinang Pakusari Jember ”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana urgensi pendidikan aqidah akhlak dalam menanggulangi dampak negatif media elektronik pada siswa MTs. Al-Mubarok Sumberpinang Pakusari Jember ?
Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan aqidah akhlak memiliki peran yang sangat urgen dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan media elektronik pada siswa MTs. Al-Mubarok Sumberpinang Pakusari Jember .