PERAN GURU PAI SEBAGAI USWAH HASANAH DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QUOTIENT INTELLIGENCE (EQ) PESERTA DIDIK

Authors

  • Misbahul Munir Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.273

Keywords:

Guru PAI, Uswah Hasanah, Emotional Quotient Intelligence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai uswah hasanah dalam meningkatkan emotional quotient intelligence peserta didik di SMP Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskripstif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, subyek penelitian yang digunakan purposive sampling, teknik atau metode pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, metode atau teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualititif model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI sebagai uswah hasanah dalam meningkatakan emotional quotient intelligence peserta didik di SMP Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso adalah menunjukkan sikap tenggang rasa, menunjukkan rasa empati, menunjukkan spotivitas dan komitmen yang tinggi, menunjukkan sikap ramah dan tidak mudah marah, menunjukkan tata cara bertutur kata yang lemah lembut, menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi masalah, menunjukkan semangat dan optimisme yang tinggi, tidak menunjukkan sikap reaktif, dan menunjukkan interkasi dan keterampilan sosial yang positif

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Munir, M. . (2025). PERAN GURU PAI SEBAGAI USWAH HASANAH DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QUOTIENT INTELLIGENCE (EQ) PESERTA DIDIK . Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.273