KONSTRUKSI KARAKTER KEJUJURAN SANTRI DENGAN PENERAPAN INQUIRY TRAINING DALAM PEMBELAJARAN PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v5i1.253Keywords:
Strategi Inquiry Training, Teknik Pembelajaran, Karakter KejujuranAbstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis konstruksi karakter kejujuran santri dengan pembelajaran inquiry training di pondok pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Di tengah krisis moralitas pada remaja di tengah masyarakat, karakter kejujuran adalah domain fundamental dalam bangunan moralitas masyarakat secara umum, bahkan ia menjadi aspek solutif dari krisis tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang tertulis atau secara lisan dari orang dan perilaku yang diamati, selanjutnya peneliti menggambarkan, menguraikan dan menginterpresentasikan arti data-data yang terkumpul secara menyeluruh untuk bisa mendapatkan kesimpulan yang absah. Konstruksi karakter kejujuran santri dengan pembelajaran Inquiry Training di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo dilakukan dengan beberapa teknik yaitu ; pertama, tidak suka mencontek; kedua, melaksanakan piket sesuai jadwal; ketiga, membayar barang sesuai harga. Secara berurutan, teknik ini memunculkan strategi yang diterapkan dengan membangun karakter kejujuran tersebut, yaitu, pertama metode keteladanan; kedua, metode pembiasaan; dan ketiga, metode hukuman.