Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo

Authors

  • Asrida Saniatur Risqi S.S Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v4i2.231

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh perhatian orang tua dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Candi, Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi adalah subyek penelitian secara keseluruhan yaitu santri putri diniyah tsanawiyah tsani PonPes Nurul Ikhlas yang berjumlah 87 santri. Semua menjadi responden dari kelas Tsani A, Tsani B, Tsani C, dan Tsani D. Hasil analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda menunjukkan bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pembentukan karakter santri. Selain itu, budaya sekolah juga berperan penting dalam membentuk karakter santri, meskipun pengaruhnya tidak sebesar perhatian orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua faktor ini secara simultan berkontribusi terhadap perkembangan karakter santri, dengan perhatian orang tua dan budaya sekolah masing-masing memberikan dampak yang kuat. Pertama, perhatian orang tua terbukti memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter santri. Kedua, budaya sekolah atau pesantren juga memainkan peran besar dalam pembentukan karakter santri. Kebiasaan-kebiasaan positif yang diterapkan di pesantren, seperti disiplin, kedisiplinan dalam menjalankan ibadah, kebersamaan, serta adab dan etika yang dijunjung tinggi, berkontribusi pada penguatan karakter santri.     

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Saniatur Risqi , A. ., & Darmawan, D. . (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 151–161. https://doi.org/10.59106/abs.v4i2.231