Sistem Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Santri Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v4i2.226Keywords:
Sistem Pendidikan, Karakter Santri , PesantrenAbstract
Karakter santri dipandang cukup berbeda dengan masyarakat non-santri dalam kehidupan mereka masing-masing, meskipun demikian, problematika yang mengikat antara lembaga pendidikan pesantren dan non-pesantren mempunyai kendala dan faktor pendukungnya sendiri-sendiri dalam meningkatkan karakter peserta didiknya. Penelitian ini untuk mengetahui konsep dan implementasi peingkatan karakter santri melalui sistem pendidikan pesantren yang ada di pesantren kota Alif Laam Miim Surabaya serta faktor pendukung dan penghambatnya dengan obyek penelitian di pesantren kota Alif Laam Miim surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tektik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitaian ini adalah; pertama, karakter santri yang ditingkatkan di Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya melalui pendekatan klasikal maupun individual, pembiasaan, peneladanan, penanaman, kesadaran, dan pelajaran tambahan tentang akhlak; kedua, sistem pendidikan di pondok pesantren Kota Alim Lam Miim Surabaya meliputi: manajemen, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar pesantren.