Pengaruh Metode Pembelajaran dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Santri di Pesantren Kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v4i2.225Keywords:
metode pembelajaran, lingkungan belajar, motivasi belajar.Abstract
Motivasi belajar merupakan hal yang penting sekali untuk diperhatikan oleh seorang pengajarmaupun pengelola lembaga pendidikan supaya tujuan belajar dapat sukses dengan maksimal sesuai yang diharapkan oleh lembaga pendidikan. Untuk itu, studi ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar santri di pesantren Kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan. Studi ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan populasi sebanyak 107 santri setingkat SMA, sedangkan sampelnya sebanyak 35 santri setingkat SMA kelas XII. Metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pengaruh variabel ini terhadap motivasi belajar santri adalah analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar santri. Hasil studi ini menegaskan pentingnya metode pembelajaran dalam memotivasi belajar santri secara optimal, dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi belajar santri serta kualitas pendidikan di pesantren. Kondisi lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar. Temuan ini memberikan landasan yang kuat bagi dunia pendidikan khususnya pesantren agar lebih bisa mengatur lingkungan belajar menjadi nyaman untuk tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif.