Pengembangan Kurikulum PAI sebagai Solusi dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v1i1.2Keywords:
Kurikulum, Pendidikan KarakterAbstract
Konteks penelitian ini adalah: pengembangan kurikulum diyakini diduga kuat sebagai solusi dalam mengatasi problematika implementasi pendidikan karkater di Sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pengembangan tujuan kurikulum PAI dan Budi Pekerti, Pengembangan isi/materi kurikulum PAI dan Budi Pekerti,Pengembangan strategi kurikulum PAI, dan Pengembangan evaluasi kurikulum PAI dan Budi Pekertisebagai solusi implementasi pendidikan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif.Jenis penelitiannya adalah library Research.Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan studi dokumentasi.Analisis datanya adalah analisis kualitatif deskrptif dengan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber, metode, dan teori.
Kesimpulan penelitian ini adalah:Pertama, Pengembangan Tujuan Kurikulum PAI dan Budi PekertiSebagai Solusi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolahmengacu pada Pertma, Tujuan pendidikan Nasional Tujuan pendidikan Nasional adalah tujuan pendidikan yang tercantum Dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Kedua, Tujuan Institusional adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan, ketiga, Tujuan Kurikuleradalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau mata pelajaran dalam hal ini tujuan pendidikan agama Islam dan budi pekerti.Kedua,Pengembangan isi/ materi kurikulum PAI dan Budi Pekerti sebagai solusi implementasi pendidikan karakter di sekolah meliputi: materi fiqh, akidah akhlak, al-Qur’an hadits, SKI. Materi fiqh berupa fiqh Ibadah, Fiqh Munakahat, Fiqh mu’amalah, fiqh jinayah, fiqh Nisa’, dan Fiqh mawarits. Akidah akhalaq: berupa akhlaq kepada Allah, akhlaq kepada sesama, dan akhlaq kepada alam. Al-qur’an hadits berupa semua ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur’an dan hadits. SKI berupa sejarah yang berkaitan dengan Keislaman mulai dari sejarah peradaban islam, sejarah pendidikan Islam, sejarah social pendidikan Islam, dan semua kajian sejarah yang berkaitan dengan sejarah Islam. Ketiga, Pengembangan Startegi/Metode Kurikulum PAI dan Budi Pekerti Sebagai Solusi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah pada umumnya meliputi: Strategi pembelajaran yaitu memberi tambahan kegiatan keagamaan.