Implementasi Metode Taisir As-Sa'adah dalam Pembelajaran Makharijul Huruf di Rumah Tahsin Muslimah Dar El-Iman
DOI:
https://doi.org/10.59106/abs.v4i2.192Keywords:
Metode Taisir As-sa’adah, Pembelajaran Makharijul HurufAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode taisir as-sa’adah dalam pembelajaran makharijil huruf di Rumah Tahsin & Tahfizh Muslimah Dar El-Iman Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga tahapan pelaksanaan metode taisir as-sa’adah dalam pembelajaran makharijul huruf dimulai dari: Pertama, kegiatan pendahuluan yang meliputi: a) membaca doa dan absensi peserta didik Teori Praktis dan b) Apersepsi (Muraja’ah pembelajaran). Kedua, kegiatan inti yang meliputi: a) mencatat teori pembelajaran makharijul huruf. b) Menerangkan teori pembelajaran makharijul huruf dengan media model gigi dan buku bergambar makharijul huruf beserta, dua kunci mengetahui makhraj sebuah huruf. C) Mentalqinkan pembelajaran makharijul huruf dengan buku praktek di ikuti oleh peserta didik. d) Baca simak perorangan menggunakan buku praktek pembelajaran makharijul huruf. e) Pemberian PR dan Pembahasan PR makharijul huruf diawal atau diakhir pembelajaran. Ketiga, guru menyimpulkan pembelajaran makharijul huruf selanjutnya, membaca doa setelah belajar dan doa penutup majelis.