Washatiyah Islam Nusantara dalam Membangun Konsep Moderasi Pendidikan di Era Globalisasi

Authors

  • Miftahus Surur Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso
  • Muzanni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.139

Keywords:

Wasathiyah, Islam Nusantara, Moderation of Education

Abstract

Globalisasi menjadikan dunia lebih terbuka dan lebih mudah terhubung satu sama lain. Hubungan manusia pun semakin rumit, terutama dalam aspek agama. Hal ini mendorong manusia untuk  lebih toleran menerima perbedaan satu sama lain. Namun, persoalan baru muncul saat manusia tidak lagi dapat mengenali perbedaan antara menghormati perbedaan dan mencampuradukkan perbedaan. Apalagi umat Islam Indonesia mengusung konsep Islam Nusantara yang lebih mengedepankan keluwesan, sopan-santun, dan kelemah-lembutan, sehingga menjadi pintu masuk arus globalisasi dan penetrasi berbagai budaya asing ke dalam budaya lokal. Berdasarkan latar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep wasathiyah Islam Nusantara dalam membangun moderasi pendidikan di era globalisasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Kesimpulannya menunjukkan bahwa wasathiyah Islam Nusantara dalam membangun moderasi pendidikan di era global dapat ditinjau dalam dua aspek, yaitu moderat dalam materi keilmuan (akidah, akhlak, dan syariah), dan moderat dalam metode pembelajaran (model dan media pembelajaran).

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Surur, M., & Muzanni, M. (2023). Washatiyah Islam Nusantara dalam Membangun Konsep Moderasi Pendidikan di Era Globalisasi. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 80–93. https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.139