Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa

Authors

  • Imam Baehaqi MTs Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember

DOI:

https://doi.org/10.59106/abs.v3i1.109

Keywords:

Metode belajar, Hypnoteaching, pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode hypnoteaching dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VII di MTs Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4) refleksi. Menggunakan teknik dalam pengumpulan data, yaitu evaluasi / test. Hasil penelitian terhadap pemahaman siswa pada materi fiqih menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukkan oleh prosentase hasil evaluasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan, karena sebelum penelitian prosentase ketuntasan klasikal terhadap hasil evaluasi belajar siswa adalah 12,5 % atau 4 siswa menjadi 20 siswa 62,49 %, pada siklus II lebih meningkat menjadi 28 siswa atau 87,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran hypnoteaching dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih kelas VII B MTs Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Baehaqi, I. . (2023). Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.59106/abs.v3i1.109