FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.373Keywords:
Principal Management, Human Resources PerformanceAbstract
Penelitian ini menyajikan kajian komprehensif mengenai pentingnya fungsi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja profesional tenaga pendidik sebagai elemen strategis dalam mewujudkan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Kualitas kinerja guru sering menghadapi persoalan mendasar seperti lemahnya supervisi akademik, rendahnya motivasi kerja, dan kurang optimalnya koordinasi organisasi, sehingga diperlukan peran kepala sekolah yang tidak hanya administratif tetapi juga transformasional. Penelitian ini menjawab sebuah pertanyaan bagaimana efektivitas fungsi manajerial kepala sekolah—meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, supervisi, evaluasi, dan pengembangan profesional—mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kapasitas guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen, penelitian ini menemukan bahwa kepala sekolah yang menerapkan prinsip kepemimpinan kolaboratif, visioner, dan berbasis data mampu membangun budaya kerja yang kondusif, memperkuat komitmen profesional guru, serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembahasan hasil menunjukkan bahwa fungsi manajerial yang efektif tidak hanya bergantung pada kompetensi teknis, tetapi juga pada kemampuan kepala sekolah membangun komunikasi interpersonal, menciptakan kejelasan tujuan, mengelola perubahan, dan mengembangkan program penguatan kompetensi guru secara berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas manajerial kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan dan pengembangan model supervisi inovatif yang lebih adaptif terhadap kebutuhan guru serta tantangan pendidikan masa kini.



