https://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/issue/feedAt-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan2025-10-01T05:34:08+00:00Akhmad Ghasi Pathollahakhmadpathollah91@gmail.comOpen Journal Systems<p>At-Tahsin adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan <em>out-put</em> penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian kependidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner atau multidisipliner. Tujuan adanya jurnal ini adalah melaksanakan diseminasi keilmuan dalam wujud distribusi hasil penelitian sekaligus bentuk konkret dari institusi ini dalam memberi kontirbusi keilmuan sekaligus pengamalannya terhadap masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini memuat kajian kependidikan Islam dalam semua dimensinya mulai dari kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, tenaga pendidikan dan kependidikan, sarana dan prasarana, keuangan, informasi dan yang terakhir, hubungan masyarakat baik secara monodisiplin, interdisiplin atau pun multidisiplin keilmuan. Jurnal ini terbit secara berkala dalam periode 6 bulanan, yakni Pebruari dan Agustus. Hal ini tak lain adalah wujud kesungguhan sivitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara komprehensif. e-ISSN 2797-2380</p>https://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/article/view/324INOVASI SIMPLE TECH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS AUTOMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN 2025-08-12T08:11:24+00:00ALFINATU AFIDHAH ALFINAafidhahalfinatul@gmail.comAmirotun Nahdliyahamirotun34@gmail.com<p>Perkembangan teknologi informasi yang pesat, mendorong dunia pendidikan ke era disrupsi, dimana inovasi digital telah menjadi kebutuhan utama dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Perpustakaan, sebagai pusat literasi, diharuskan untuk bertransformasi agar tetap relevan. Digitalisasi telah menjadi strategi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui akses informasi yang cepat, mudah, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan inovasi <em>Simple Tech</em> dalam layanan perpustakaan sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan MAN 4 Banyuwangi di era disrupsi digital. Inovasi ini direalisasikan dalam bentuk digitalisasi kunjungan dan peminjaman buku secara otomatis melalui sistem barcode terintegrasi. Pendekatan manajemen POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengendalian) digunakan untuk memastikan bahwa proses digitalisasi berjalan secara sistematis dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tiga tahap, yakni model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan <em>Simple Tech</em> meningkatkan kesadaran literasi siswa, disiplin, kemandirian belajar, dan efektivitas layanan perpustakaan. Dukungan kepala madrasah, infrastruktur teknologi, keterlibatan aktif siswa, dan tinjauan rutin, semuanya merupakan faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan inovasi ini. Dengan demikian, <em>Simple Tech</em> memainkan peran penting dalam mempromosikan budaya literasi dan meningkatkan standar pendidikan madrasah yang responsif terhadap kemajuan teknologi.</p>2025-08-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikanhttps://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/article/view/317THE IMPACT OF WORK ENVIROMENT, LEARNING MANAGEMENT, AND TEACHING ACTIVITY ON TEACHER PERFORMANCE2025-07-20T06:45:22+00:00Agoes Windartoagoeswindarto@telkomuniversity.ac.idMuhammad Yanuar Hariyawanmyanuar@telkomuniversity.ac.id<p>Teacher performance is a decisive factor in achieving educational excellence, yet it is strongly influenced by contextual elements such as the work environment, learning management, and the effectiveness of teaching activities. This study investigates the direct and indirect effects of these factors, focusing on the mediating role of teaching activity. Using a quantitative descriptive–correlational design with Structural Equation Modeling (PLS), data were collected from 75 teachers through a structured questionnaire. The results show that the work environment significantly affects teaching activity (β = 0.608, p < 0.05) and teacher performance (β = 0.111, p = 0.027), while learning management strongly influences both teaching activity (β = 0.261, p < 0.05) and teacher performance (β = 0.561, p < 0.05). Teaching activity itself positively impacts teacher performance (β = 0.323, p = 0.015) and mediates the relationship between work environment and teacher performance (β = 0.196, p = 0.033) as well as between learning management and teacher performance (β = 0.084, p = 0.005). The conclusion of this study show that optimizing both the work environment and learning management, alongside promoting active teaching practices, can substantially improve teacher performance.</p>2025-08-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikanhttps://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/article/view/342SINERGI MANAJEMEN SDM DAN BUDAYA KERJA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS TENAGA PENDIDIK 2025-09-08T12:57:34+00:00Ari Supadiarisupadi001@gmail.comRina Setyaningsiharisupadi001@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergi antara Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Budaya Kerja Islami dalam meningkatkan loyalitas tenaga pendidik di SMP Negeri 2 Marga Sekampung. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik manajemen pendidikan untuk membentuk tenaga pendidik yang tidak hanya kompeten secara profesional, tetapi juga memiliki loyalitas dan komitmen yang tinggi terhadap lembaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen SDM seperti rekrutmen yang selektif, pengembangan kompetensi berkelanjutan, dan sistem evaluasi kinerja yang objektif, ketika diintegrasikan dengan budaya kerja Islami yang mencakup nilai-nilai seperti amanah, keikhlasan, <em>ukhuwah</em>, dan tanggung jawab mampu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, produktif, dan spiritual. Sinergi ini secara langsung berdampak pada meningkatnya loyalitas guru terhadap sekolah. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan konsep Manajemen Pendidikan Islam berbasis nilai, serta implikasi praktis dalam pengelolaan SDM di sekolah.</p>2025-08-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikanhttps://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/article/view/333MANAJEMEN ARSIPARIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN TATA ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2025-09-05T06:17:26+00:00asia anis sulalahasiaanisulalah02@gmail.comSuparjo Adi Suwarnosuparjoadi@gmail.com<p>Tujuan Penelitian untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi proses arsiparis di SMK Manbaul Ulum Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan data didapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan sumber data yang diperoleh melalui staf tata usaha, dan orang yang bersangkutan dengan kearsipan lembaga mulai bagian tata persuratan, operator dan ketua tata usaha juga kepala sekolah. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah: Manajemen Arsiparis di SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso mulai dari perencanaan yang dihasilkan melalui rapat lembaga dengan hasil berupa perencanaan ruangan, perencanaan manajemen kearsipan; Adapun jenis arsip yang dikelola berupa arsip kesiswaan/data siswa, kepegawaian sekolah, keuangan, kurikulum, pelaksanaan anajemen kearsipan meliputi, penciptaan/penerimaan arsip, penggunaan/pelayanan arsip, pemeliharaan dan penyimpanan arsip, di SMK Manbaul Ulum tidak melakukan kegiatan penyusutan atau pemusnahan arsip dikarenakan arsip yang disimpan dibutuhkan dikemudian hari, fasilitas arsip, pengamanan dan pemeliharaan arsip,dll.; Dan kendala terjadi pada aspek komunikasi/miskomunikasi, kelalaian, dan kurangnya tempat penyimpanan, untuk menangani hal tersebut hendaklah melakukan evaluasi berupa rapat rutin dan perluasan wilayah tempat penyimpanan arsip.</p>2025-08-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikanhttps://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attahsin/article/view/346MANAJEMEN STRATEGI BLUE OCEAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN IKLIM LEMBAGA PENDIDIKAN2025-10-01T05:34:08+00:00Muhammad Fauzilisaefrina0708@gmail.com<p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Cambria',serif;">This study aims to analyze the application of the <strong data-start="154" data-end="177"><span style="font-family: 'Cambria',serif; font-weight: normal;">Blue Ocean Strategy</span></strong> in the management of madrasah principals and its role in building a conducive, creative, and competitive institutional climate. The research method employed is <strong data-start="338" data-end="358"><span style="font-family: 'Cambria',serif; font-weight: normal;">library research</span></strong> with a descriptive qualitative approach, involving the collection and analysis of literature such as books, journal articles, and previous studies relevant to the topic. Data were analyzed using <strong data-start="554" data-end="585"><span style="font-family: 'Cambria',serif; font-weight: normal;">content analysis techniques</span></strong> to identify the strategic steps of madrasah principals, their leadership roles in shaping the institutional climate, and the implications of implementing the Blue Ocean Strategy for improving educational quality. The findings indicate that madrasah principals can foster innovation through strategies of differentiation, elimination of obstacles, and the creation of new values relevant to the needs of educational institutions. In conclusion, the application of the Blue Ocean Strategy serves as an effective alternative management approach to enhance competitiveness, quality, and the unique characteristics of madrasahs without being trapped in conventional competition.</span></p>2025-08-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan