MANAJEMEN BERBASIS USWAH NABI MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Benny Alidasril Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Eka lazuardi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Muslim Afandi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i1.292

Keywords:

Manajemen Berbasis Uswah, Perang Khandaq, Pendidikan Islam

Abstract

Manajemen berbasis uswah Nabi Muhammad SAW memiliki relevansi yang signifikan dalam konteks kepemimpinan dan pengambilan keputusan, terutama dalam situasi konflik seperti Perang Khandaq. Perlunya pemahaman mendalam tentang strategi dan nilai-nilai kepemimpinan Nabi yang dapat diaplikasikan dalam pendidikan Islam modern menjadi salah satu faktor menapa deskripsi akan hal ini menjadi penting. Dalam konteks ini, prinsip manajemen Nabi Muhammad dalam Perang Khandaq dapat dijadikan teladan dalam pengembangan karakter dan kepemimpinan peserta didik. Selain itu, minimnya kajian yang mengaitkan nilai-nilai uswah Nabi secara konkret dalam konteks pendidikan, khususnya dalam situasi konflik dan strategi perjuangan menambah urgensi penelitian ini untuk dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sikap dan tindakan Rasulullah SAW sebagai seorang manajer selama berlangsungnya Perang Khandaq. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif melalui studi literatur, kajian ini membahas strategi perencanaan, kepemimpinan partisipatif, delegasi tugas, serta manajemen krisis yang diterapkan oleh Rasulullah. Hasil analisis menunjukkan bahwa Rasulullah mampu mengelola sumber daya manusia dan informasi secara efektif, serta menunjukkan karakter kepemimpinan yang inspiratif dan adaptif dalam kondisi darurat. Keteladanan ini relevan untuk diterapkan dalam konteks kepemimpinan dan manajemen modern.

Downloads

Published

2025-04-22