ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN ETOS KERJA TENAGA PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i1.280Keywords:
Budaya Organisasi, Etos Kerja, Tenaga PendidikAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan dinamis antara budaya organisasi dan etos kerja pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bondowoso melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Analisis terhadap dokumen kelembagaan mengungkapkan konstruksi budaya organisasi yang merepresentasikan sintesis antara nilai-nilai Islam tradisional dengan paradigma manajemen modern. Temuan menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai organisasi berupa taqwa, ketelitian ilmiah, khidmah, ukhuwah, dan tanggung jawab dalam praktik profesional para pendidik tidak terjadi melalui proses transmisi yang linear, melainkan melalui proses interpretasi aktif yang menghasilkan manifestasi unik dalam inovasi pembelajaran dan kolaborasi profesional. Kapasitas adaptif madrasah dalam menghadapi tantangan eksternal mencerminkan kematangan budaya organisasi yang memungkinkan fleksibilitas implementasi tanpa mengorbankan stabilitas nilai-nilai fundamental. Implikasi teoritis dan praktis dibahas dalam konteks pengembangan model budaya organisasi adaptif bagi madrasah di era disrupsi.