STRATEGI PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAM DIGITAL BERBASIS MASJID PERSPEKTIF COMMUNITY ENGAGEMENT

Authors

  • Tri Wahyu Nurlia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ida Ridaningsih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.252

Keywords:

Madrasah Sirah, Pendidikan Islam Digital, Community Engagement

Abstract

Madrasah Sirah di Masjid Al Irsyad Surabaya merupakan inovasi pendidikan Islam berbasis masjid yang dirancang untuk menjawab tantangan era digital. Program ini menawarkan pembelajaran Sirah Nabawiyah secara daring dengan pendekatan inklusif, melibatkan jamaah dari berbagai latar belakang seperti ibu rumah tangga, pekerja kantoran, hingga anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan Madrasah Sirah melalui pendekatan community engagement, yang mencakup partisipasi jamaah, komunikasi dua arah, dan keberlanjutan program.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Langkah operasional mencakup analisis partisipasi aktif jamaah, komunikasi antara takmir dan peserta, serta evaluasi strategi keberlanjutan yang meliputi pengelolaan materi, pelatihan tim multimedia, dan pengembangan budaya dakwah.  Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama: partisipasi jamaah yang tinggi dengan skema infaq sebagai bentuk komitmen; komunikasi dua arah melalui sesi tanya jawab yang interaktif; serta keberlanjutan program melalui peningkatan kualitas teknis, sumber daya manusia, dan evaluasi rutin. Temuan ini memberikan kontribusi pada literatur pendidikan Islam berbasis masjid dan menawarkan panduan praktis untuk pengelolaan program digital yang inklusif, relevan, dan berkelanjutan di era modern.

Downloads

Published

2024-12-27