STUDI KOMPARATIF METODE PEMBELAJARAN PAI PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i1.179Keywords:
Metode Pembelajaran PAI,, Kurikulum 2013, Pendidikan Masa KiniAbstract
Metode pembelajaran dan kurukulum memiliki peran yang sangat krusial dalam memahami proses pendidikan dan pengembangan akademik, metode pembelajaran mencakup beragam pendekatan dan teknik yang digunakan dalal proses belajar dan mengajar. Sedangkan kurikulum merujuk pada struktur da nisi program pendidikan yang dirancang untuk memandu pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Kurikulum KTSP, K.13 dan revansi dengan pendidikan pada masa kini dan untuk mengidentifikasi praktik-praktik terbaik dalam pembelajaran dan pengajaran yang dapat menjadi panduan bagi pendidik dalam merancang dan mendisign pemeblajaran yang lebih efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif. Guru Pendidikan Agama Islam dipih sebagai informan utama untuk memberikan wawasan yang beragam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data-data yang diperoleh dari observasi dan wawancara di catat dilapangan dan kemudian di transkripsi agar menjadi data yang lengkap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat guru melaksanakan pembelajaran dikelas, pembelajaran tetap berjalan sebagaimana yang diterapkan metode yang ada KTSP,Setiap implementasi juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, hal ini sebagai mana yang telah diamati peneliti, untuk implementasi metodeK.13 menjadikan siswa lebih berani, disiplin dan bertanggung jawab. Hanya saja jika dilihat dari proses pembelajaran kurang bisa berjalan sebagaimana yang diharapakan, dan jelas saja tanggung jawab guru semakin berat karena harus membentuk karakter yang baik pada peserta didik. Sedangkan pada implementasi metode KTSP siswa cenderung pasif, akan tetapi bagi guru tidak ada beban tersendiri dalam pembentukan karakter bagi siswa.