PERAN KEPEMIMPINAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI VARIABEL DETERMINAN DALAM OPTIMALISASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

Penulis

  • Purwanto Sekolat Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.369

Kata Kunci:

Kepemimpinan Lembaga Pendidikan , Supervisi Kepala Sekolah

Abstrak

Guru atau pendidik dalam pembelajaran tidak akan terlepas dari kemungkinan melakukan kesalahan, menghadapi kekurangan, maupun menemui tantangan dalam proses pembelajaran, khususnya apabila program supervisi kepala sekolah di lembaga pendidikan Islam tidak berjalan secara efektif. Ketidakterlaksanaan supervisi yang optimal dapat menyebabkan rendahnya kemampuan guru dalam melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses pembelajaran yang mereka jalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi kepemimpinan dalam konteks pengawasan kepala sekolah dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan, yaitu dengan menelaah berbagai literatur dan sumber ilmiah terkait peran kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis sebagai supervisor, yakni melakukan penilaian terhadap kemampuan guru agar pelaksanaan program supervisi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing pendidik. Dengan demikian, keberhasilan proses supervisi sangat bergantung pada kecermatan, ketelitian, dan kecerdasan kepala sekolah dalam mengidentifikasi aspek-aspek penting yang perlu diperbaiki serta menyelaraskannya dengan visi dan tujuan lembaga pendidikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-25