MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH MUADALAH TSANAWIYAH NURUL QARNAIN JEMBER

Penulis

  • Siti Maimunah Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso, Indonesia
  • Akhmadi Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso, Indonesia
  • Rifa’i Institut Agama Islam At-Taqwa Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.345

Kata Kunci:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Madrasah Diniyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember tahun pelajaran 2024–2025. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap praktik manajemen sumber daya manusia di lembaga madrasah diniyah muadalah yang mengintegrasikan pendekatan manajemen modern dengan nilai-nilai pesantren, sehingga memberikan model pengelolaan pendidikan Islam yang unik, kontekstual, dan relevan dengan tantangan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia di madrasah ini dilaksanakan melalui empat tahapan utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan SDM dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan guru dan tenaga kependidikan, pengorganisasian dilaksanakan dengan pembagian tugas yang jelas serta berbasis prinsip kekeluargaan, pelaksanaan diwujudkan melalui rekrutmen selektif dan pengembangan kompetensi berkelanjutan, sedangkan evaluasi dilaksanakan secara berkala sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen SDM tersebut berkontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan yang tercermin dalam kualitas akademik, kedisiplinan santri, dan penguatan karakter religius. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen sumber daya manusia yang profesional, berkelanjutan, dan berbasis nilai Islam mampu menjadi strategi efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah diniyah muadalah, sekaligus menjadi model alternatif pengelolaan pendidikan Islam yang relevan dengan dinamika global dan lokal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-25