MANAJEMEN ARSIPARIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN TATA ADMINISTRASI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.333Kata Kunci:
Manajemen Arsiparis Digital, Tata Administrasi PendidikanAbstrak
Tujuan Penelitian untuk mengetahui perencanaan arsiparis di SMK Manbaul Ulum, Untuk mendeskripsikan pengorganisasian arsip di SMK Manbaul Ulum, Untuk mengetahui evaluasi arsiparis di Manbaul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif edangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Pendekatan Deskriptif Kualitatif , didapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan sumber data yang diperoleh melalui staf tata usaha, dan orang yang bersangkutan dengan kearsipan lembaga. (bagian tata persuratan, operator dan ketua tata usaha juga kepala sekolah). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Begitu pula dengan teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah: (1) manajemen Arsiparis di SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso mulai dari perencanaan yang dihasilkan melalui rapat lembaga dengan hasil berupa perencanaan ruangan, perencanaan manajemen kearsipan,(2) jenis arsip yang dikelola berupa arsip kesiswaan/data siswa, kepegawaian sekolah, keuangan, kurikulum, pelaksanaan anajemen kearsipan meliputi, penciptaan/penerimaan arsip, penggunaan/pelayanan arsip, pemeliharaan dan penyimpanan arsip, di SMK Manbaul Ulum tidak melakukan kegiatan penyusutan atau pemusnahan arsip dikarenakan arsip yang disimpan dibutuhkan dikemudian hari, fasilitas arsip, pengamanan dan pemeliharaan arsip,dll.(3) Memiliki kendala pada komunikasi/miskomunikasi, kelalaian, dan kurangnya tempat penyimpanan, untuk menangani hal tersebut hendaklah melakukan evaluasi berupa rapat rutin dan perluasan wilayah tempat penyimpanan arsip.

