INOVASI SIMPLE TECH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS AUTOMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

Penulis

  • Alfinatul Afidhah Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Indonesia
  • Amirotun Nahdliyah Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.324

Kata Kunci:

Simple Tech, Mutu Pendidikan , Automasi Pengelolaan

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang pesat, mendorong dunia pendidikan ke era disrupsi, dimana inovasi digital telah menjadi kebutuhan utama dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Perpustakaan, sebagai pusat literasi, diharuskan untuk bertransformasi agar tetap relevan. Digitalisasi telah menjadi strategi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui akses informasi yang cepat, mudah, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan inovasi Simple Tech dalam layanan perpustakaan sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan MAN 4 Banyuwangi di era disrupsi digital. Inovasi ini direalisasikan dalam bentuk digitalisasi kunjungan dan peminjaman buku secara otomatis melalui sistem barcode terintegrasi. Pendekatan manajemen POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengendalian) digunakan untuk memastikan bahwa proses digitalisasi berjalan secara sistematis dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tiga tahap, yakni model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Simple Tech meningkatkan kesadaran literasi siswa, disiplin, kemandirian belajar, dan efektivitas layanan perpustakaan. Dukungan kepala madrasah, infrastruktur teknologi, keterlibatan aktif siswa, dan tinjauan rutin, semuanya merupakan faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan inovasi ini. Dengan demikian, Simple Tech memainkan peran penting dalam mempromosikan budaya literasi dan meningkatkan standar pendidikan madrasah yang responsif terhadap kemajuan teknologi.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-25