Meningkatkan Kinerja Guru: Peran Penting Lingkungan Kerja, Manajemen Pembelajaran, dan Aktivitas Mengajar sebagai Penggerak Utama Keunggulan Pendidikan

Penulis

  • Agoes Windarto Telkom University, Surabaya Campus, Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Yanuar Hariyawan Telkom University, Surabaya Campus, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.317

Kata Kunci:

Learning Management, Work Environment, Teacher Performance

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi bagaimana lingkungan kerja, manajemen pembelajaran, dan kelancaran kegiatan mengajar membentuk kinerja guru di SMK Telkom Malang. Dengan menggunakan pendekatan korelasional deskriptif, kami tidak hanya mengamati setiap faktor secara terpisah, tetapi juga bagaimana faktor-faktor tersebut saling memengaruhi. Tujuh puluh lima guru dan staf akademik berpartisipasi dalam penelitian ini, berbagi pengalaman dan persepsi mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang suportif dan manajemen pembelajaran yang efektif sangat penting bagi guru untuk berkinerja baik. Lebih lanjut, kelancaran kegiatan mengajar berperan penting dalam menjembatani faktor-faktor ini, membantu guru mewujudkan kondisi dan manajemen yang baik menjadi praktik kelas yang lebih baik. Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan bahwa elemen-elemen ini saling terkait erat, bekerja sama untuk meningkatkan kinerja guru secara bermakna.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-24