ANALISIS PERAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i2.281Keywords:
Manajemen Hubungan Masyarakat , Citra Positif MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Manajemen Hubungan Masyarakat dalam meningkatkan citra positif Madrasah Tsanawiyah (MTs) Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso. Dalam menghadapi tantangan stereotipe negatif masyarakat dan persaingan antar-lembaga pendidikan, MTs Manbaul Ulum memaksimalkan fungsi humas untuk menjaga eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas MTs Manbaul Ulum menjalankan empat peran utama: sebagai komunikator, pembina hubungan, pendukung manajemen, dan pembentuk citra. Pelaksanaan peran tersebut dilakukan melalui komunikasi dengan publik internal dan eksternal, penyelenggaraan berbagai kegiatan sosial, serta pemanfaatan media komunikasi langsung maupun tidak langsung. Kendala yang dihadapi humas antara lain minimnya pemahaman masyarakat terhadap keunggulan madrasah, persepsi negatif terhadap porsi pelajaran agama, serta terbatasnya akses terhadap program bantuan pendidikan. Solusi yang dilakukan meliputi intensifikasi sosialisasi, edukasi masyarakat tentang nilai penting pendidikan agama, dan pembaruan data penerima bantuan. Kesimpulannya, humas memiliki peran strategis dalam membangun citra positif madrasah serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap MTs Manbaul Ulum.



