A OPTIMIZING CHILDREN'S INTELLIGENCE WITH STORYING ACTIVITIES IN KRATONAN, SERENGAN, SURAKARTA
Abstrak
Kecerdasan tidak dapat diukur hanya berdasarkan tes kecerdasan akademik atau IQ, tetapi dengan melihat kemampuan seseorang dalam memecahkan setiap masalah (problem solving) dan kemampuan menciptakan produk baru yang memiliki nilai budaya (kreativitas). Kegiatan mendongeng ini berlangsung di RW 01 dan 02 Kratonan dan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2022 dengan diikuti 60 anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan anak melalui dongeng, memberikan pengetahuan pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam pendidikan anak, dan menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada anak. Dengan kecerdasan ini, siswa dapat beradaptasi dan belajar dari pengalaman. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mendongeng dapat mengembangkan kecerdasan anak dan dongeng dapat digunakan sebagai media untuk menceritakan sesuatu kepada anak secara lisan atau memberikan pesan. Dalam mendongeng dapat meningkatkan imajinasi dan dapat membentuk karakternya dan bagi anak yang kreatif akan mudah menebak apa yang akan terjadi selanjutnya dengan tokoh dongeng tersebut. Dongeng dapat membuat anak aktif, gemar membaca dan dapat membuat anak mengetahui hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang buruk.