Pendampingan Metode Fitrah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Al-Mubarok Kalisari Banyuglugur Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.59106/salwatuna.v3i3.158Keywords:
Pendampingan;, Metode Fitrah, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
MTs Al-Mubarok sebuah instansi yang sempat vakum selama 2 tahun dan mulai aktif kembali pada tahun ajaran baru 2023 ini. Setelah melakukan observasi langsung ternyata kemampuan para siswa untuk pelajaran Bahasa Arab masih sangat rendah dan kurang semangat dalam belajar. Irsyad Trust Ltd mengembangkan sebuah metode, metode ini telah digunakan di Madrasah Irsyad Al-Islamiyah Singapura dan beberapa sekolah ternama di Indonesia dan beberapa Negara di Asia Tenggara yang disebut Metode fitrah, sebuah metode baru yang dikembangkan dari rahasia seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Metode ini mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri, karena menitik beratkan pendekatan tanya jawab dan menggunakan metode mubasyiroh atau sam’iyyah syafawiyyah. Maka, kami melakukan pendampingan dalam pembelajaran Bahasa arab dengan Metode Fitrah dengan harapan siswa akan mudah memahami dan senang belajar Bahasa Arab. Belajar aktif dapat merangsang stimulus dan respon siswa serta bersifat menyenangkan. Interaksi dalam belajar aktif akan menimbulkan positive interdepedence sehingga konsolidasi pembelajaran dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi keaktifan dalam belajar. Hasil dari diterapkannya metode fitrah selama kurang lebih 2 bulan menunjukkan anak-anak MTs Al-Mubarok lebih aktif dalam belajar Bahasa Arab dan lebih mudah mengingat kosa kata bahasa arab karena para siswa melakukan praktek untuk berkomunikasi langsung dengan guru menggunakan Bahasa Arab.