Pendampingan Wali Asuh dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan Akademik Anak Asuh di Ma'had Aly Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.59106/salwatuna.v4i2.257Keywords:
Kualitas Wali Asuh, Anak Asuh, Ma'had AlyAbstract
Pendampingan untuk Meningkatkan Kualitas Wali Asuh dalam Membimbing Anak Asuh di Ma'had Aly Nurul Jadid Paiton-Probolinggo merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat peran dan kapasitas wali asuh dalam mendukung perkembangan holistik anak asuh. Pendampingan ini menekankan pada strategi manajemen disiplin yang adil dan bijaksana serta cara memotivasi anak asuh untuk belajar dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Kolaborasi antara wali asuh, orang tua, dan komunitas sekitar juga menjadi fokus utama untuk menciptakan sinergi dalam mendukung perkembangan anak asuh.Sebagai bagian dari program ini, panca kesadaran santri – yang meliputi kesadaran beragama, berbangsa, berbudaya, berorganisasi, dan berprestasi – diintegrasikan ke dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Penerapan panca kesadaran ini bertujuan untuk membentuk santri yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial yang tinggi.Hasil yang diharapkan dari program ini mencakup peningkatan kompetensi wali asuh dalam aspek akademis dan spiritual, penguatan hubungan antara wali asuh dan anak asuh, serta pengembangan diri anak asuh dalam berbagai bidang, termasuk penerapan panca kesadaran santri. Program ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pertumbuhan fisik dan mental anak asuh, melalui dukungan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Dengan demikian, Ma'had Aly Nurul Jadid diharapkan dapat terus mencetak generasi ulama dan intelektual Muslim yang berwawasan luas, berintegritas, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi umat dan bangsa