Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren dalam Pengembangan Fikih di Pondok Pesantren Tahfidz
DOI:
https://doi.org/10.59106/salwatuna.v4i3.256Keywords:
Pemberdayaan Keagamaan, Perubahan Sosial, Santri TahfidzAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren: Pengaruh Konteks Sosial dalam Pengembangan Fikih Di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an Kraksan Probolinggo. Meski para warga binaan ini merupakan kelompok santri penghafal Qur’an, akan tetapi Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren terhadap Pengaruh Konteks Sosial dalam Pengembangan Fikih Di Pondok Pesantren merupakan hal yang perlu dilakukan. Proses pengabdian menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang diawali dengan pemetaan masalah, membangun kepercayaan dengan warga binaan, menentukan masalah prioritas, menyusun strategi gerakan, pelaksanaan program, pengamatan dan refleksi teoretis. Hasil pendampingan yang telah dilakukan adalah; terbentuknya kesadaran untuk bersumbangsih pada kehidupan sosial bagi warga binaan yang dapat membentengi dirinya dari segala bentuk perubahan sosial yang merugikan; terbentuknya kesadaran beragama yang moderat melalui layanan segala bentuk keagamaan untuk mencegah dari radikalisme dan terorisme