Pendampingan Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Mengarahkan Karakter Digital Native Generasi Millenial di MA Nahdlatul Ulama Lombok Wetan Wonosari Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.59106/salwatuna.v3i2.151Keywords:
Inovasi Pendidikan, Digital Native, Generasi MillenialAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendampingan masyarakat dalam pengembangan inovasi pendidikan dalam mengarahkan karakter digital native generasi millenial. Pasalnya, remaja sebagai generasi millenial yang notabene sedang dalam proses belajar di sekolah seringkali mengalami disorientasi dalam pembelajaran disebabkan oleh kegandrungan mereka terhadap handphone atau gadget. Generasi ini memang hidup secara akrab dengan perkembangan teknologi, namun butuh untuk didampingi agar keakraban terhadap teknologi menjadi hal yang positif. Metode yang dipakai dalam pengembdian ini adalah Partipatory Action Research (PAR). Metode ini dianggap sesuai dengan karakteristik objek kajian yang akan dibahas. Adapun hasil yang didapat adalah karakter digital native merupakan sebuah keunggulan dimana teknologi pada era digital ini mengisi segala ruang kehidupan. Teknologi akan memberikan dampak dalam efektifitas dan efisiensi bagi kehidupan manusia terutama remaja millenial terutama dalam proses pembelajaran mereka. Inovasi pendidikan butuh untuk dilaksanakan karena kemampuan peserta didik yang bisa melampaui terhadap scope pelajarannya lewat akses autodidak yang disediakan oleh teknologi, bahkan melewati batas-batas kewajaran. Inovasi dalam hal ini adalah inklusi teknologi dalam pembelajaran. Artikel ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan inovasi pendidikan dalam mengarahkan karakter digital native generasi millenial.