MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK SISWA

Penulis

  • Inayatul Khoiriyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu
  • Syeh Al Ngarifin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu
  • Evi Gusliana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.59106/attahsin.v5i1.265

Kata Kunci:

Manajemen, Ekstrakurikuler, Prestasi Non Akademik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non-akademik siswa di SMK Ma’arif Banyumas. Fokus utama penelitian ini adalah memahami bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ekstrakurikuler berkontribusi terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah, waka kesiswaan, serta pembina ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler di SMK Ma’arif Banyumas telah dilakukan secara sistematis, mencakup perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, serta evaluasi yang meskipun masih perlu ditingkatkan, telah memberikan dampak positif terhadap prestasi siswa. Partisipasi siswa dalam ekstrakurikuler cenderung meningkat menjelang kompetisi, namun mengalami penurunan di tengah periode. Motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler dipengaruhi oleh faktor internal seperti minat dan bakat, serta faktor eksternal seperti penghargaan dan dukungan lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sistem evaluasi ekstrakurikuler yang lebih terstruktur, pemberdayaan siswa dalam perencanaan kegiatan, serta penguatan strategi motivasi agar partisipasi siswa lebih konsisten sepanjang tahun. Studi lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi peran orang tua dan strategi digital dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-02