http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attb/issue/feedAt-Tartib : Jurnal Manajemen Pendidkan Islam2025-02-26T05:18:35+00:00Open Journal Systems<p>At-Tartib: Journal of Islamic Education Management is a journal published by the Islamic Education Management Study Program of the Togo Ambarsari Tarbiyah College of Sciences to increase the research out-put of the academic community. The focus and scope of this journal are Curriculum and Learning Management, Learner Management, Educators and Education Personnel Management, Facilities and Infrastructure Management, Financial Management, Information Management and finally, Public Relations Management. This journal is published periodically in a 6-month period, namely January and July. The e-ISSN At-Tartib is 2797-xxxx</p>http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attb/article/view/230GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD DARUT THALABAH KABUPATEN BONDOWOSO2024-12-07T04:54:44+00:00Ali Wafialiwafi.451@gmail.comSobri Washilsobridosenbkd.04@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji gaya kepemimpinan kepala SD Darut Thalabah Wonosari Bondowoso dalam membentuk karakter religius dan disiplin pada siswa. Kepemimpinan di sekolah dasar ini bukan hanya sekadar otoritas administratif, melainkan sarana untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang telah menjadi landasan pendidikan karakter sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Berangkat dari keunikan sekolah ini dalam menawarkan pendidikan yang berfokus pada nilai-nilai tersebut, penelitian ini menggali strategi kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah untuk mencapai visi pendidikan karakter yang holistik. Menggunakan metode kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengungkap tiga temuan utama: pertama, kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis yang melibatkan seluruh warga sekolah, menciptakan lingkungan tanggung jawab kolektif dan mendukung pembentukan karakter religius serta disiplin; kedua, kepala sekolah aktif mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam aktivitas harian, program terstruktur, dan pembelajaran; ketiga, komitmen kepala sekolah terhadap visi dan misi SD Darut Thalabah menjadi kunci dalam mewujudkan pendidikan karakter yang berkelanjutan. Penelitian ini tidak hanya menyoroti pentingnya peran kepemimpinan dalam pendidikan karakter, tetapi juga menawarkan model kepemimpinan berbasis nilai yang relevan bagi sekolah-sekolah Islam lainnya.</p>2025-02-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 At-Tartib : Jurnal Manajemen Pengembangan Pendidkan Islamhttp://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attb/article/view/266IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 TENGGARANG2025-02-19T06:12:14+00:00Novani Elika Saputrinovanielikasaputri00@gmail.com<p>Pendidikan adalah pondasi yang penting bagi perkembangan masyarakat dan bangsa. Prestasi siswa merupakan indikator keberhasilan proses pendidikan. Namun, masih banyak siswa yang belum mencapai prestasi optimal. Faktor-faktor seperti kurangnya motivasi, kedisiplinan, dan pengelolaan waktu efektif menjadi hambatan. Manajemen peserta didik yang efektif dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Dengan mengelola dan mengembangkan potensi siswa secara optimal, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung. Oleh karena itu, diperlukan strategi manajemen peserta didik yang terstruktur dan terarah untuk meningkatkan prestasi siswa.Penelitian ini adalah sebagai usaha untuk mendeskripsikan penerapan manajemen peserta didik di lembaga pendidikan, lebih tepatnya yaitu SMP Negeri 1 Tenggarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen peserta didik di SMP Negeri 1 Tenggarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen pserta didik di SMP Negeri 1 Tenggarang sudah sesuia dengan indikator manajemen pserta didik, terlaksana seperti halnya: 1) Analisis kebutuhan peserta didik, 2) proses rekrutmen dan seleksi peserta didik, 3) orientasi, 4) proses pengelompokan peserta didik terlaksana, 5) proses pembinaan dan pengembangan siswa, 6) pencatatan dan pelaporan, dan 7) kelulusan dan alumni. Disimpulkan bahwa secara umum SMP Negeri 1 Tenggarang telah melaksanakan manajemen peserta didik sesuai dengan indicator manajemen peserta didik.</p>2025-02-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tartib : Jurnal Manajemen Pendidkan Islamhttp://ejournal.stitta.ac.id/index.php/attb/article/view/269MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN YAYASAN AL-JAUHAR MAESAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT2025-02-26T05:18:35+00:00Ni`matul Mushthafiyyahnimatul.mushthafiyyah@gmail.com<p>Manajemen pemasaran lembaga pendidikan merujuk pada proses menerjemahkan rencana atau konsep menjadi tindakan nyata atau praktik. Ini melibatkan langkah-langkah konkret untuk menjalankan atau mewujudkan suatu ide, kebijakan, strategi, atau program dalam konteks praktis. Manajemen pemasaran dalam dunia pendidikan sekarang ini sangat dibutuhkan seiring dengan persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kuat baik lembaga baru ataupun lama dalam membangun dan mempertahankan citranya yang positif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemasaran lembaga pendidikan yayasan Al-Jauhar Maesan dalam menarik minat masyarakat dimana didalamnya membahas tentang perencanaan, keterlibatan SDM dan pemanfaatan media untuk memasarkan pendidikan yang ada di yayasan Al-Jauhar Maesan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskripptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif Mile, Habermen dan Saldana dengan tahapan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Al-Jauhar Maesan telah melaksanakan manajemen pemasaran lembaga pendidikan dengan sangat baik, hal tersebut dari jumlah peserta didik yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dalam manajemen pemasaran yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Jauhar Maesan dimulai dari melakukan perencanaan yang diikuti oleh semua pihak baik yayasan, tenaga pendidik dan kependidikan serta wali santri, keterlibatan semua orang menjadi kunci keberhasilan, dalam mempromosikan lembaganya yayasan Al-Jauhar menggunakan metode do to dor secara langsung baik dilakukan oleh guru maupun wali santri, selain itu pemanfatan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan Tiktok serta media cetak seperti brosur dan baner menjadikan pemasaran dapat tersampaikan dengan baik.</p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 At-Tartib : Jurnal Manajemen Pendidkan Islam