MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN YAYASAN AL-JAUHAR MAESAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT

Authors

  • Ni`matul Mushthafiyyah Institut At-Taqwa Bondowoso

Keywords:

Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Minat Masyarakat

Abstract

Manajemen pemasaran lembaga pendidikan merujuk pada  proses menerjemahkan rencana atau konsep menjadi tindakan nyata atau praktik. Ini melibatkan langkah-langkah konkret untuk menjalankan atau mewujudkan suatu ide, kebijakan, strategi, atau program dalam konteks praktis. Manajemen pemasaran dalam dunia pendidikan sekarang ini sangat dibutuhkan seiring dengan persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kuat baik lembaga baru ataupun lama dalam membangun dan mempertahankan citranya yang positif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemasaran lembaga pendidikan yayasan Al-Jauhar Maesan dalam menarik minat masyarakat dimana didalamnya membahas tentang perencanaan, keterlibatan SDM dan pemanfaatan media untuk memasarkan pendidikan yang ada di yayasan Al-Jauhar Maesan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskripptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif Mile, Habermen dan Saldana dengan tahapan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Al-Jauhar Maesan telah melaksanakan manajemen pemasaran lembaga pendidikan dengan sangat baik, hal tersebut dari jumlah peserta didik yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dalam manajemen pemasaran yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Jauhar Maesan dimulai dari melakukan perencanaan yang diikuti oleh semua pihak baik yayasan, tenaga pendidik dan kependidikan serta wali santri, keterlibatan semua orang menjadi kunci keberhasilan, dalam mempromosikan lembaganya yayasan Al-Jauhar menggunakan metode do to dor secara langsung baik dilakukan oleh guru maupun wali santri, selain itu pemanfatan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan Tiktok serta media cetak seperti brosur dan baner menjadikan pemasaran dapat tersampaikan dengan baik.

Downloads

Published

2025-02-20