IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 TENGGARANG
Keywords:
Implementasi, Manajemen, Peserta DidikAbstract
Pendidikan adalah pondasi yang penting bagi perkembangan masyarakat dan bangsa. Prestasi siswa merupakan indikator keberhasilan proses pendidikan. Namun, masih banyak siswa yang belum mencapai prestasi optimal. Faktor-faktor seperti kurangnya motivasi, kedisiplinan, dan pengelolaan waktu efektif menjadi hambatan. Manajemen peserta didik yang efektif dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Dengan mengelola dan mengembangkan potensi siswa secara optimal, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung. Oleh karena itu, diperlukan strategi manajemen peserta didik yang terstruktur dan terarah untuk meningkatkan prestasi siswa.Penelitian ini adalah sebagai usaha untuk mendeskripsikan penerapan manajemen peserta didik di lembaga pendidikan, lebih tepatnya yaitu SMP Negeri 1 Tenggarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen peserta didik di SMP Negeri 1 Tenggarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen pserta didik di SMP Negeri 1 Tenggarang sudah sesuia dengan indikator manajemen pserta didik, terlaksana seperti halnya: 1) Analisis kebutuhan peserta didik, 2) proses rekrutmen dan seleksi peserta didik, 3) orientasi, 4) proses pengelompokan peserta didik terlaksana, 5) proses pembinaan dan pengembangan siswa, 6) pencatatan dan pelaporan, dan 7) kelulusan dan alumni. Disimpulkan bahwa secara umum SMP Negeri 1 Tenggarang telah melaksanakan manajemen peserta didik sesuai dengan indicator manajemen peserta didik.